No 1.259. KEUTAMAAN MEMBACA ALQURAN

today September 4, 2018 account_circle Arifin Ismail

Buletin Jumat Istaid No. 1.259 Ramadhan 1438/ Juni 2017

KEUTAMAAN MEMBACA  AL QUR AN

 

“ Apabila dibacakan Al Qur an kepadamu, maka dengarkanlah baik-baik agar kamumendapat rahmat “ ( Surah Al A’raf : 204 ) 

 

Pada suatu hari datanglah seseorang meminta nasehat kepada sahabat nabi yang bernama Ibnu Mas’ud sambil berkata ; “ Wahai Ibnu Mas’ud, berilah nasehat kepadaku yang dapat kujadikan obat bagi jiwaku yang sedang gelisah. Dalam beberapa hari ini aku merasa tak tentram, makan tak enak, tidur tak nynyak, dan pikiranku kusut “. Maka Ibnu Mas’ud berkata : “ Kalau penyakit itu yang menimpamu, maka bawalah hatimu mengunjungi tiga tempat, yaitu ke tempat orang membaca Al Qur an, engkau baca Al Qur an atau engkau dengar baik-baik orang yang membacanya; atau engkau pergi ke majelis syarahan agama yang dapat mengingatkan hati engkau kepada Allah, atau engkau cari masa di tengah malam ,  di saat orang lain sedang tidur, engkau bangun untuk mengerjakan shalat malam, meminta dan memohon kepada Allah agar hatimu menjadi tenang. Seandainya jiwamu belum juga terobat, maka berdoa kepada Allah agar diberi-Nya hati yang lain karena hati yang kamu pakai ini bukan lagi milikmu “. Setelah orang itu kembali ke rumahnya, diamalkannya nasehat Ibnu Mas’ud tersebut, segera dia mengambil wudhu, kemudian diambilnya kitab suci Al Qur an, dibacanya dengan hati yang khusyu’, dan selesai membaca , berobahlah jiwanya menjadi tenang dan tentram, pikirannya menjadi jernih, dan kegelisahannya hilang sama sekali. Demikianlah yang dirasakan seorang muslim dengan al Quran, Diantara manfaat lain dari membaca al Quran adalah sebagai berikut.

 

1.  Mendapat pahala dan menambah rezeki .

Allah telah berfirman dalam Kitab suci Al Qur an :  “ Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat serta menafkahkan sebagian daripada rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan cara sembunyi ataupun dengan cara yang nyata , mereka itu mengharapkan perniagan yang tidak akan merugi dan allah akan menyempurnakan pahala mereka dan menambah kepada mereka karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri “  ( Surah Fathir / 35 : 29-30 ).

 

2.            Manusia yang terbaik.

Rasululah saw bersabda :“ Manusia yang terbaik adalah barang siapa yang mempelajari Al Qur an dan mengajarkannya kepada orang lain “   ( riwayat Bukhari, Muslim, Abu Daud, Tirmidzi, Nasai, Ibnu Majah, dan lainnya  )

 

3.            Satu huruf mempunyai pahala sepuluh.

Rasulullah saw bersabda : “ Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Kitab Allah maka dia akan mendapat kebaikan dengan sepuluh kali ganjaran. Aku tidak mengatakan siapa yang membaca Alif, laam, Miim itu berarti membaca satu huruf tetapi membaca lif itu satu huruf, membaca Laam itu satu huruf lagi dan membaca satu  Mim juga bermakna satu huruf “. Riwayat Tirmidzi dari Abdullah bin Mas’ud.

 

4.            Merasakan ketenangan hidup, mendapat rahmat dan naungan malaikat.

Rasulullah saw bersabda : “ Tidaklah berkumpul sekelompok manusia di salah satu rumah Allah bertilawah (membaca)  Kitab Allah dan bertaradus ( mempelajari ) kitab tersebut, melainkan Allah akan menurunkan bagi mereka ketenangan dan mencurahkan rahmat-Nya bagi mereka, dan mereka akan dinaungi oleh para malaikat dan Allah akan menyebut nama-nama mereka disisi-Nya. “ Riwayat Muslim dan Abu Daud dan lainnya.

 

5.            Mendapat cahaya

 Rasulullah saw bersabda : “ Barang siapa yang mendengar satu ayat dari Kitab suci Al Qur an maka Allah akan memberi padanya kebaikan berlipat ganda, dan barang siapa yang membacanya maka baginya cahaya di hari kiamat “ Riwayat Ahmad.

Abu Dzar berkata kepada rasulullah saw : Ya Rasulullah, berilah  wasiat kepadaku..!  Rasulullah saw menjawab : “ Takwalah kepada Allah karena itu merupakan pangkal segala sesuatu. Kemudian aku bertanya lagi : “ Apa lagi ya Rasulullah “. Rasul menjawab : “ Bacalah Al Qur an karena dia itu merupakan cahaya untukmu di muka bumi, dan simpanan bagimu di langit “. Riwayat Ibnu Hibban.

 

6.            Mendapat pemberian terbaik dari Allah.

Rasulullah saw bersabda : “ Allah taala  telah berfirman : Barang siapa yang disibukkan dengan Al Qur an maka Aku akan memberinya sebaik-baik apa yang Aku berikan kepada orang-orang yang meminta kepadaKu. Dan keutamaan kalam Allah atas segala kalam adalah bagaikan keutamaan Allah atas segala makhluk-Nya “ Riwayat Tirmidzi.

 

7.            Bagaikan pohon yang harum baunya dan enak rasanya.

Rasulullah saw bersabda : “ Perumpamaan orang mukmin yang membaca Al Qur an adalah bagaikan pohon “ Al Utrujah “. Aromanya sangat wangi, dan rasanya enak. Sedangkan periumpamaan orang mukmin yang tidak membaca Al Qur an adalah bagaikan pohon yang bernama “ Tamrah “ yaitu pohon yang tidak mempunyai bau walaupun rasanya manis. Perumpamaan Munafiq yang membaca Al Qur an adalah laksna pohon “ Raihanah “ baunya baik tetapi rasanya pahit; dan perumpamaan orang munafiq yang tidak membaca Al Qur an bagaikan pohon “ hazdhalah “ yang tidak mempunyai bau aroma dan rasanya pahit . Hadis riwayat Bukhari, Muslim, Nasai dan Ibnu Majah.

 

8.            Dibangkitkan bersama orang yang mulia

Rasulullah saw bersabda ; “ Orang yang mahir membaca Al Qur an , mereka akan dibangkitkan bersama orang-orang yang mulia . Sedangkan yang membaca Al Qur an dengan terpatah-patah dan dengan susah payah maka dia akan mendapat dua pahala “. Riwayat Bukhari , Muslim, Abu daud, Tirmidzi , nasai dan Ibnu Majah.

 

9.            Penolong di hari kiamat.

Abi Umamah al bahiliy pernah mendengar Rasulullah saw bersabda : “ Bacalah Al Qur an karena dia di hari kiamat nanti akan menjadi penolong bagi yang membacanya “ . Hadis riwayat Muslim.

 

10.          Menjadi mahkota bagi kedua orang tua.

Rasulullah saw bersabda : “ Barang siapa yang membaca Al Qur an, dan melaksanakannya maka dia akan memakaikan kedua orangtuanya mahkota di hari kiamat , cahayanya lebih baik daripada cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah-rumah dibumi, maka bagaimanakah lagi pahala bagi orang yang mengerjakannya..? “ Hadis riwayat Abu Daud dan Al hakim.

 

11.          Obat dan pelindung serta kunci kesuksesan

Rasulullah saw bersabda ; “ Sesungguhnya Al Qur an ini adalah hidangan Allah, maka ambillah dari hidangan tersebut seberapa kamu sanggup. Sesungguhnya Al Qur an ini adalah talian Allah dan cahaya yang terang , obat penyembuh yang berguna , dan pelindung bagi orang yang berpegang teguh dengannya, dan kesuksesan bagi orang yang mengikutinya..” Riwayat Al Hakim.

Dalam hadis lain Rasulullah saw bersabda ; ‘ Sesungguhnya Allah mempunyai keluarga dari golongan manusia. Sahabat bertanya : siapakah mereka Ya Rasulullah..? Rasul menjawab : “ Keluarga Al Qur an adalah keluarga Allah dan orang-orang yang khusus dengan-Nya “. Riwayat An nasai, Ibnu Majah, dan Al Hakim.

 

12.          Memberikan syafaat bagi sepuluh orang keluarga

Rasulullah saw bersabda ; Barang siapa yang membaca Al Qur an dan menyatakannya maka dia menghalalkan yang halal dan mengharamkan yang haram, maka Allah akan memasukkannya ke dalam syurga dan dia akan memberi syafaat kepada sepuluh dari keluarganya yang telah dinyatakan masuk ke dalam neraka ".Riwayat Ibnu Majah dan Tirmidzi.

 

13.          Tidak akan terkena penyakit pikun di hari tua.

Rasulullah saw bersabda : “ Barang siapa yang membaca Al Qur an , maka dia tidak akan sampai kepada “ ardzalil umur “. Riwayat Al Hakim.

 

14.          Lebih baik dari shalat seratus rakaat.

Rasulullah saw berkata kepada Abu dzar : Wahai Abu dzar, jika  kamu setiap pagi mempelajari ayat-ayat Al Qur an itu lebih baik daripada engkau mendirikan shalat seratus rakaat, dan jika engkau mempelajari satu bab dari ilmu pengetahuan , baik ilmu itu engkau amalkan atau tidak ; maka itu lebih baik daripada engkau shalat seribu rakaat “ . Riwayat Ibnu Majah.

 

15.          Terhindar dari sifat lupa.

Rasulullah saw bersabda ; “ Barang siapa membaca sepuluh ayat dalam satu malam, maka dia tidak akan termasuk orang yang lupa “. riwayat Al Hakim.

 

16.          Melapangkan rumah tempat tinggal.

Rasulullah saw bersabda : “ Sesungguhnya rumah yang tidak terdapat Al Qur an di dalam rumahnya, maka rumah itu adalah rumah yang rusak “. Riwayat Tirmidzi, dan Al Hakim..

Ibnu Mas’ud berkata : “ Rumah yang paling sempit adalah rumah yang tidak ada  sesuatu apapun dari Kitab Allah “. Riwayat Al Hakim.

 

17.          Mendatangkan kebaikan dalam rumah.

Rasulullah saw bersabda : “ Sesungguhnya rumah yang di dalamnya ada yang membaca Al Quran maka rumah itu akan mendapat kebaikan yang banyak sedangkan rumah yang di dalamnya tidak ada bacaan AlQur an maka rumah itu akan mendapat kebaikan yang sedikit “ Riwayat Al Bazzar dari Anas.

 

Demikianlah beberapa keutamaan al Quran, marilah kita tingkatkan kualitas ramadhan degan al Quran.

Fa'tabiruu a Ulil albab.

 

 

Buletin

Share This